default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Soal Jatah Menteri, Nasdem Setuju Saran JK

Soal Jatah Menteri, Nasdem Setuju Saran JK
Peristiwa Nasional
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JAKARTA - Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mendukung saran Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ke Presiden Jokowi agar partai yang kursinya sedikit di DPR RI tak mendapat jatah menteri lebih banyak.

Kendati demikian, Johnny menilai profesionalitas menjadi syarat yang terpenting dalam kabinet Jokowi jilid II.

"Warna kebangsaan dan keterwakilan wilayah serta antargenerasi menjadi masukan penting bagi Pak Jokowi. Dan tentu di atas syarat tersebut, profesionalisme calon anggota kabinet menjadi titik temu dan titik simpul semua persyaratan di atas," kata Johnny G Plate kepada wartawan, Jumat (12/7/2019).

Johnny menilai pendapat JK layak menjadi pertimbangan Jokowi. Menurutnya, asas proporsional juga harus mempertimbangkan kompetensi calon anggota kabinet.

"Jumlah kursi kabinet dan anggota kabinet diserahkan pada Pak Jokowi yang akan memutuskannya. Kami mendukung saran Pak JK sebagai masukan dan pertimbangan Pak Jokowi. Asas proporsionalitas tentu baik dan tentu dengan tetap memperhatikan kompetensi calon anggota kabinet," jelas Johnny.

Sebelumnya, JK menyarankan Presiden Jokowi mempertimbangkan harmonisasi wilayah, suku, agama, dan politik dalam menyusun kabinet nantinya. JK juga menyarankan parpol yang kursinya sedikit tidak mendapat jatah lebih banyak.

"Jadi tidak saja asal partai, ndak. Harus ada harmonisasi, baik dari harmonisasi antarwilayah dan suku, agama, politik. Harmonsiasi dalam tingkat kemampuan, profesionalisme. Itulah baru bisa terjadi suatu yang dapat didukung semua pihak, didukung oleh seluruh rakyat," kata JK saat mengisi kuliah umum kepada peserta diklat Lemhannas di Istana Wakil Presiden, Kamis (11/7) kemarin.


Kontributor : E. Sofyan
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar